Saya merasa tersanjung bisa berada disini di acara wisuda anda dari salah satu universitas terbaik di dunia. Saya tidak pernah lulus kuliah. Sejujurnya, saat ini saat paling terdekat saya pada wisuda. Hari ini saya ingin menceritakan tiga kisah dalam kehidupan saya.Hanya itu saja. Bukan hal besar. Hanya tiga kisah.

 

KISAH PERTAMA TENTANG MENGHUBUNGKAN TITIK-TITIK.

 

Saya keluar dari Reed College setelah enam bulan, dan kembali lagi selama 18 bulan atau lebih sampai saya benar-benar berhenti kuliah. Jadi mengapa saya memutuskan berhenti kuliah?

Berawal sejak sebelum saya dilahirkan ke dunia. Ibu kandungku saat itu masih muda, tidak menikah, lulusan akademi, dan dia memutuskan agar aku diadopsi oleh orang lain. Menurutnya, aku harus didopsi oleh seorang sarjana sehingga segalanya sudah dipersiapkan agar aku diadopsi oleh seorang pengacara dan istrinya. Namun mereka berubah pikiran ingin memiliki anak perempuan setelah aku lahir. Jadi orang tuaku sekarang, pada waktu itu masih dalam daftar tunggu adopsi anak, mendapat telepon tengah malam dari ibu kandungku, dia menanyakan “kami memiliki bayi laki-laki yang tidak diharapkan, apakah anda menginginkannya?” kata mereka: “tentu saja”. Di kemudian hari, ibu kandungku baru tahu kalau ibu angkatku tidak pernah lulus kuliah dan ayahku juga tidak lulus SMA sehingga dia menolak untuk menandatangani surat adopsi dan akhirnya baru mau memberikanku beberapa bulan kemudian setelah orangtuaku berjanji akan menguliahkanku.

Dan 17 tahun kemudian, aku masuk kuliah dan memilih akademi yang hampir semahal Stanford, sehingga orangtuaku menggunakan seluruh tabungannya untuk membayar uang kuliahku. Setelah enam bulan, aku melihat tak ada gunanya kuliah. Aku tidak tahu apa yang kuinginkan dalam hidupku dan berpikir bagaimana kuliah bisa membantuku menemukan jawabannya. Jadi aku memutuskan untuk berhenti kuliah dan yakin bahwa segalanya akan baik-baik saja. Saat itu kurasakan sedikit menakutkan tapi jika kuingat kembali, kurasa berhenti kuliah adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah kubuat. Begitu aku berhenti, aku tidak mengambil mata kuliah yang tidak kusukai dan memilih mata kuliah yang menurutku menarik.

Segalanya tidak begitu indah pada waktu itu. Aku tidak memiliki kamar di asrama sehingga aku tidur dilantai kamar temanku. Untuk membeli makanan, aku selalu mengembalikan botol minuman demi mendapatkan lima sen dan berjalan sejauh tujuh mil melintasi kota setiap malam Senin untuk mendapatkan makanan yang enak di Kuil Hare Khrisna. Dan aku menyukai itu. Aku melewati banyak hal dengan mengikuti rasa ingin tahu dan intuisiku yang ternyata menjadi sangat berharga dikemudian hari. Akan kuceritakan kisahnya:

Pada waktu itu Reed College menawarkan, mungkin, cara membuat kaligrafi terbaik di negara ini. Melalui setiap poster di kampus, setiap label di gambar, sungguh sangat indah kaligrafi buatan tangannya. Karena aku sudah berhenti kuliah dan tidak diharuskan mengambil kelas reguler, aku memutuskan untuk mengikuti kelas kaligrafi dan belajar bagaimana menbuatnya. Aku belajar contoh tulisan serif dan sanserif, belajar memvariasikan jumlah spasi antara kombinasi huruf yang berbeda, belajar bagaimana membuat tipografi yang bagus. Tipografi yang indah, bersejarah, bernilai seni tinggi, bahkan ilmu pengetahuan tidak dapat memahaminya, dan menurutku sungguh menakjubkan.

Bahkan aku tidak berharap melakukan ini akan menjadi pekerjaanku.Tetapi, 10 tahun kemudian, ketika kami merancang desain pertama computer Macintosh, harapan itu ada. Dan kami merancang computer Mac pertama dengan tipografi yang sangat indah. Jika saja aku tidak berhenti kuliah, aku tidak mungkin mengikuti kelas kaligrafi di kampus, dan personal computer mungkin tidak memiliki tipografi yang indah. Tentu saja itu merupakan hal yang mustahil menggabungkan titik-titik jika kita pikir pada waktu itu. Tetapi hal itu menjadi sangat, sangat jelas jika kita pikir sekarang.

Terlebih, anda tidak bisa menghubungkan titik-titik degan memandang ke depan; anda hanya bisa menghubungkannya jika mengingatnya kembali. Jadi anda harus percaya kalau titik-titik itu akan terhubung dimasa depan entah bagaimana caranya. Anda harus percaya pada sesuatu – keberanian anda, takdir, kehidupan, karma, atau apapun. Pendekatan ini tak pernah mengecewakanku dan membuat segala perubahan dalam hidupku.

 

KISAH KEDUAKU TENTANG CINTA DAN KEHILANGAN.

 

Aku sungguh beruntung − aku menemukan apa yang kucintai dalam hidupku dari awal. Woz dan aku memulai perusahaan Apple di garasi orangtuaku pada saat usiaku 20 tahun. Kami bekerja keras, dan dalam waktu 10 tahun Apple sudah berkembang mulai dari hanya kami berdua yang menjalankannya di garasi hingga menjadi perusahaan senilai $ dua milyar dengan lebih dari 4000 karyawan. Kami baru saja merilis kreasi terbaik kami − Macintosh − setahun sebelumnya, dan aku baru saja berulang tahun ke-30 ketika aku dipecat. Bagaimana bisa kau dipecat padahal kau yang mendirikannya? Well, seiring Apple berkembang, kami mempekerjakan seseorang yang kukira sangat berbakat untuk menjalankan perusahaan bersamaku selama setahun pertama dan berikutnya sehingga segalanya berjalan baik. Tetapi kemudian visi kami tentang masa depan berbeda dan bahkan kami menjadi tidak cocok. Dewan direksipun berpihak padanya. Jadi saat aku berusia 30 aku keluar dari perusahaan. Apa yang sudah menjadi fokusku dalam hidup telah lenyap dan hancur.

Selama beberapa bulan, aku tidak tahu apa yang harus kulakukan. Aku merasa telah mengecewakan pegusaha generasi sebelumnya − karena aku telah menjatuhkan tongkat estafet yang telah diwariskan padaku. Sehingga, aku mememui David Packard dan Bob Noyce untuk meminta maaf karena telah mengacaukan segalanya. Aku sungguh merasa gagal dan ingin kabur dari permasalahan. Tetapi kemudian segalanya menjadi jelas untukku − aku masih mencintai apa yang kulakukan. Kejadian di Apple tidak merubah apapun. Aku pernah ditolak, tapi aku tetap mencintai apa yang kulakukan dan aku memutuskan untuk memulainya dari awal lagi.
Aku tidak mengetahuinya waktu itu, tetapi ternyata dipecat dari Apple adalah hal terbaik yang pernah terjadi dalam hidupku. Beban menjadi sukses digantikan perasaan santai karena menjadi pemula lagi, yang merasa tidak yakin tentang apapun. Hal itu membebaskan aku untuk memasuki salah satu masa kreatif dalam hidupku.
Selama lima tahun ke depan, aku mulai menjalankan perusahan bernama NeXT dan Pixar, kemudian jatuh cinta dengan wanita luar biasa yang akan menjadi istriku kelak. Pixar mulai menciptakan film animasi computer pertama di dunia, Toy Story, dan sekarang menjadi studio animasi paling sukses di dunia. Secara tak terduga, Apple membeli NeXT sehingga aku kembali ke Apple dan teknologi yang kami kembangkan di NeXT adalah pencerahan karya Apple terkini. Di lain pihak, Laurene dan aku memiliki keluarga yang bahagia.
Aku sangat yakin segala hal yang terjadi padaku tidak akan pernah terjadi kalau aku tidak dipecat dari Apple. Hal tersebut merupakan pil pahit, tapi aku kira aku memang membutuhkannya. Terkadang hidup mengejutkanmu. Jangan pernah kehilangan kepercayaan. Aku yakin hal yang terus membuatku ingin maju adalah aku mencintai apa yang kulakukan. Kalian harus menemukan apa yang kalian cintai, baik untuk pekerjaanmu maupun pasanganmu. Pekerjaanmu akan mengisi bagian besar dalam hidupmu, dan satu-satunya cara mencapai kepuasan hidup adalah percaya bahwa apa yang kamu lakukan adalah karya.besar dan satu-satunya cara untuk melakukan karya besar adalah mencintai apa yang kau lakukan. Jika kau masih belum menemukannya, tetaplah mencari.jangan pernah diam di satu tempat. Begitu kata hatimu berbicara, kau akan tahu bahwa kau telah menemukannya. Dan, seperti hubungan yang luar biasa, segalanya akan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi seiring waktu berjalan. Tetaplah mencari sampai kau menemukannya. Jangan pernah berhenti.

 

KISAH KETIGAKU TENTANG KEMATIAN.

 

Ketika aku berusia 17 tahun, aku membaca sebuah ungkapan seperti ini: “jika kau menjalani harimu seolah-olah hari itu adalah hari terakhirmu, kau mungkin benar suatu hari.” Ungkapan itu sangat berkesan untukku, dan sejak saat itu, selama 33 tahun hidupku, aku selalu berkaca setiap pagi dan bertanya pada diriku: “jika hari ini adalah hari terakhir dalam hidupku, apakah aku mau melakukan apa yang aku lakukan hari ini?” dan ketika jawabannya adalah “Tidak” dalam banyak hari dihidupku, aku tahu aku harus merubah sesuatu.

Jika mengingat kalau aku akan segera meninggal adalah alat yang paling penting untuk membantuku dalam mengambil keputusan besar dalam hidupku. Karena hampir semuanya − segala harapan orang lain, segala kebanggaan, segala ketakutan merasa malu atau gagal − hal-hal ini bisa menjauh dari kematian, meninggalkan hal-hal yang sungguh penting. Mengingat kalau kita semua akan meninggal adalah cara terbaik untuk menghindari jebakan bahwa kita bisa kehilangan. Kau sudah telanjang. Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti kata hatimu.
Sekitar setahun yang lalu, aku didiagnosa menderita kanker. Aku menjalani scan pukul 7:30 pagi, dan hasilnya menunjukkan bahwa di pankreasku terdapat tumor. Aku bahkan tidak tahu apa itu pankreas. Dokter memberitahuku bahwa tumor ini merupakan sejenis kanker yang tak bisa disembuhkan, dan diperkirakan aku tidak akan bisa hidup lebih lama dari tiga sampai enam bulan. Ia menyarankanku untuk pulang kerumah dan menyiapkan segalanya dengan memberitahu keluargaku bahwa aku tidak akan hidup lama lagi dan segalanya sudah terkendali sehingga itu berarti aku mengucapkan salam perpisahan.
Aku hidup dengan diagnosa itu sepanjang hari. Kemudian pada malam harinya aku menjalani biopsi, dimana mereka menaruh endoskop kedalam tenggorokanku, melalui perutku dan memasuki ususku, memasang jarum di pankreasku dan mengambil beberapa sel dari tumorku. Aku merasa tenang, tapi istriku yang berada disana juga, memberitahuku bahwa ketika para dokter mengamati sel tumorku dibawah mikroskop, mereka mulai menangis karena ternyata tumor yang ada di pankreasku adalah jenis yang langka yang bisa disembuhkan melalui operasi. Dan aku telah menjalani operasinya sehingga sekarang aku baik-baik saja.
Kejadian ini yang mendekatkanku untuk menghadapi kematian, dan semoga hal ini bisa membuatku bertahan untuk beberapa dekade lagi. Setelah melewatinya, sekarang aku bisa berkata dengan lebih yakin kepada kalian semua bahwa kematian itu berguna tapi merupakan konsep yang sangat cerdas:
Tidak seorangpun ingin meninggal. Bahkan orang yang ingin pergi ke surgapun tidak ingin meninggal untuk ke sana. Tetapi kematian adalah tujuan akhir kita semua. Tidak ada orang yang bisa melepaskan diri dari itu. Seperti seharusnya, karena kematian adalah satu temuan terbaik dalam kehidupan. Kematian adalah agen perubah kehidupan. Kematian membuat yang tua menjadi baru. Saat ini yang baru itu adalah kalian semua, tapi suatu hari tidak begitu lama lagi dari sekarang, kalian akan menjadi tua dan meninggal. Maaf karena terlalu dramatis, tapi itu memang benar.
Waktu kalian terbatas, jadi jangan menyia-nyiakannya dengan menjalani hidup orang lain. Jangan terjebak oleh dogma − artinya adalah hidup dengan hasil pikiran orang lain. Jangan biarkan pendapat orang lain menenggelamkan kata hatimu. Dan hal yang paling penting adalah memiliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisimu. Entah bagaimana mereka sudah mengetahui apa yang kau inginkan. Yang lain menjadi kurang penting.
Ketika aku masih muda, ada satu publikasi yang sangat bagus berjudul The Whole Earth Catalog, yang merupakan salah satu kitab suci pada masaku. Diciptakan oleh seorang teman yang bernama Stewart Brad tidak jauh dari sini di Menlo Park, dan ia membawakannya dengan sentuhan puitis. Hal ini terjadi pada akhir tahun 1960, sebelum computer pribadi dan desktop menjadi terkenal, sehingga semuanya dibuat dengan mesin tik, gunting dan kamera polaroid. Mirip dengan Google dalam bentuk buku, 35 tahun sebelum Google ada: idealis, penuh dengan alat-alat rapi dan ide cemerlang.
Stewart dan timnya mengangkat beberapa isu dari The Whole Earth Catalog, dan ketika telah berjalan, mereka membuat isu utama. Pada saat itu pertengahan tahun 1970, aku masih seusiamu. Pada sampul belakang isu utama mereka, ada foto suasana pagi hari di jalanan pedesaan, hal yang akan kau temukan jika mendapatkan tumpangan kalau kau seorang petualang. Dibawahnya terdapat kata-kata: “Tetaplah Lapar. Tetaplah Merasa Bodoh.” Itu adalah pesan perpisahan mereka ketika mereka mundur. Tetaplah Lapar. Tetaplah Merasa Bodoh. Dan aku selalu berharap seperti itu untukku. Dan sekarang, ketika kalian lulus untuk menjadi sesuatu yang baru, aku juga mengharapkan itu pada kalian semua.
Tetaplah Lapar. Tetaplah Merasa Bodoh.

 

Terima kasih banyak.

Video dan teks di atas diambil dari pidato Steve Jobs yang terkenal pada tahun 2005, setahun setelah ia pertama kali didiagnosis menderita kanker, CEO Apple – Steve Jobs berpidato untuk para mahasiswa yang lulus di Universitas Stanford. Pidato ini terkenal dan dikenal sebagai pidato “tetaplah lapar tetaplah merasa bodoh” Jobs menginspirasi jutaan orang ketika video tersebut dibagikan di YouTube dan situs web serta aplikasi lintas platform lainnya. Bahkan ketika saya menonton video ini sepenuhnya pertama kali pada tahun 2017, 12 tahun setelah pidato tersebut ditayangkan, saya masih terinspirasi oleh pidatonya. Karena itu, saya penasaran untuk memecahkan kode serta apa pesan rahasia yang ingin disampaikan di balik pidato tersebut.

Decoding # 1: Masa Lalu – Menghubungkan titik-titik

Jadi di sini kita akan mulai. Saya akan men-decode pesan tersembunyi dari pidato yang mungkin tidak banyak orang pikirkan. Pidato ini berisi tiga pelajaran. Tiga pesan. Pertama adalah “menghubungkan titik-titik”. Pesannya adalah untuk memberi tahu orang-orang tentang masa lalunya. Kehidupan awal Steve di mana dia dikeluarkan dari Reeds College dan dia mengambil kelas kursus kaligrafi, kursus yang tidak memiliki aplikasi praktis atau bahkan ada hubungannya dengan hidupnya. Dia hanya suka kaligrafi. Dia menyukai tipografi yang indah dan bagus. Tetapi pesan yang benar-benar tersembunyi di sini adalah bahwa Anda perlu mencari tahu apa yang Anda sukai. Melakukan sesuatu yang Anda sukai alih-alih melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginan dan hati Anda. Juga tentang melakukan sesuatu yang bukan merupakan keahlian terbaik untuk Anda. Belajar sesuatu yang baru. Dan itu terbukti ketika sepuluh tahun kemudian Jobs memasukkan apa yang telah ia pelajari di kelas kaligrafi ke dalam desain komputer Macintosh pertama. “Itu adalah komputer pertama dengan tipografi yang indah … Anda tidak dapat menghubungkan titik-titik ke depan; Anda hanya dapat menghubungkan titik-titik tersebut dan melihat ke belakang. Anda harus percaya bahwa titik-titik itu akan terhubung di masa depan Anda”

Menghubungkan titik-titik adalah sesuatu yang perlu Anda lakukan sekali seumur hidup. Dalam pidatonya, Jobs bahkan menghubungkan titik-titik ke masa-masa sebelum ia dilahirkan, ketika ayah dan ibunya belum menikah! (Dia masih hanya berupa sperma saat itu kurasa …). Anda perlu meninjau masa lalu Anda. Cobalah jelajahi masa lalu Anda. Cobalah untuk mengingat semua masa lalu yang indah ketika Anda masih bayi atau anak-anak atau remaja atau mahasiswa, dll. Duduklah di suatu tempat yang hening dan nyaman. Tutup mata Anda. Kembalilah ke masa lalu Anda. Dan kenali semua yang terjadi pada diri Anda. Anda akan menemukan banyak hal baik dan buruk terjadi pada Anda. Banyak paradigma yang menjadi paradigma Anda hari ini. Pola pikir Anda. Pemikiran Anda tentang bagaimana dunia bekerja ditanam selama masa keemasan Anda, antara usia 0-8 tahun, ini adalah saat pikiran bawah sadar Anda terbuka terhadap semua informasi, ajaran, bahasa, kebijaksanaan, dan lainnya yang akan membentuk pola pikir dan paradigma Anda di kemudian hari. Masa depan Anda. Temukan hambatan mental atau apa pun yang dapat menghambat kesuksesan Anda di kemudian hari. Ini pesan tersembunyi yang ingin disampaikan. Anda perlu menjelajahi masa lalu Anda untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Menghapus semua hambatan dan blok mental Anda yang telah dibuat di masa lalu Anda.

Salah satu alasan kita tidak yakin atau kita belum berhasil mewujudkan rancangan hidup kita adalah diakibatkan suatu penyakit yang dikenal sebagai hambatan mental. Apa itu hambatan mental?

Hambatan mental adalah bagian dari diri Anda yang mencegah Anda untuk berkembang atau mengeluarkan seluruh potensi dan kemampuan Anda. Jika masih belum jelas bagi Anda, perhatikan ilustrasi berikut ini. Misalnya, Anda berencana membuka bisnis atau usaha. Ketika Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan Anda menunggu diri Anda untuk mengambil tindakan, bagian dari diri Anda ini entah bagaimana akan Berbisik” kepada Anda, memengaruhi Anda, menimbulkan keraguan tentang diri Anda dan akhirnya membuat semua rencana Anda menjadi gagal untuk diimplementasikan. Sama seperti ketika saya mulai membuka bisnis warung internet dan warung indomie, mental saya selalu dipenuhi dengan keraguan dan kekhawatiran bahwa bisnis itu tidak akan maju atau berkembang dan akhirnya memang itulah yang terjadi. Ingatlah selalu bahwa Anda adalah apa yang Anda pikirkan!

Hambatan mental adalah keyakinan negatif (program pemikiran negatif) yang bekerja pada tingkat bawah sadar, Anda tidak menyadari bahwa Anda memiliki hambatan mental ini, program ini menyabot semua potensi yang Anda miliki. Hambatan mental adalah hambatan psikologis yang menyelimuti pikiran seseorang. Dia bisa muncul dari pikiran keliru Anda tentang kemampuan sesungguhnya yang Anda miliki.

Hambatan mental negatif dapat mencegah seseorang mencapai desain kehidupannya misalnya, kekayaan, posisi, karier, perkawinan, prestasi olahraga, dll. Anda perlu secara serius menemukan semua hambatan mental dalam diri Anda dan memberikan makna baru kepada mereka segera setelah Anda berhasil mengenalinya. Rintangan-rintangan ini seringkali menyabot atau menghancurkan kepercayaan diri Anda dan membuat mental Anda menjadi tidak stabil.

Sejak kita dilahirkan, kita diprogram oleh sejumlah hal yang sebagian besar diajarkan melalui orang tua kita dan lingkungan di sekitar kita. Jangan heran jika kita pergi ke sebuah Negara yang memiliki empat bahasa seperti di Malaysia, tempat salah satu anak teman saya berada, yang sejak usia enam tahun sudah bisa menggunakan empat bahasa yang berbeda sekaligus yaitu Bahasa Melayu, Inggris, Cina dan India! Anak itu bukan hanya jenius, akan tetapi memang kondisi lingkungan sekitarnya yang memaksanya untuk beradaptasi dan menginstal memori program bahasa pada zaman keemasan anak (0-8 tahun). Pada zaman keemasan ini, pikiran bawah sadar kita terbuka terhadap semua kata-kata, informasi, tindakan, lingkungan dll yang kemudian menciptakan paradigma kita. Nah, biasanya hambatan mental juga merupakan salah satu bagian yang terekam ketika kita tumbuh dari masa kanak-kanak hingga dewasa.

Biasanya hambatan mental kita terekam sejak kita masih kecil melalui kata-kata atau tindakan orang tua kita atau lingkungan di sekitar kita. Contoh hambatan mental adalah sebagai berikut:

  1. Uang adalah sumber kejahatan!
  2. Orang kaya kebanyakan adalah penjahat!
  3. Uang tidak turun dari langit atau tumbuh dari pohon!
  4. Jangan menjadi pengusaha, terlalu banyak risiko, jadilah seperti orang tua mu, bekerja sebagai karyawan dan nikmati gaji bulanan dan mendapatkan dana pensiun!
  5. Uang membuat Anda menjadi serakah!
  6. Karena persoalan uang dan harta warisan keluarga jadi berantem dan tercerai berai!
  7. Orang kaya itu rata-rata sombong! Aku nggak mau jadi orang kaya!

Apakah ada salah satu dari program diatas yang menurut Anda juga terjadi pada kehidupan Anda dahulu? Yap, itu hanya beberapa contoh hambatan mental yang akan mencegah kita, tanpa kita menyadarinya, untuk mencapai tujuan atau desain hidup kita. Bagian dari diri kita yang mencegah kita untuk maju. Hambatan mental juga sering disebut sebagai sisi negatif dari diri Anda. Dikatakan demikian karena hambatan mental selalu bertentangan dengan apa pun yang Anda lakukan. Apa saja! Seperti sebuah kutub, pikiran dan mental Anda adalah kebalikannya, kutub utara dan kutub selatan yang tidak akan pernah bisa bertemu!

Terkadang, mungkin saat usia kecil, Anda mengalami pengalaman buruk dengan tetangga kaya Anda. Terkadang Anda berpikir bahwa tetangga kaya Anda adalah orang yang sombong dan menyebalkan. Entah bagaimana di tingkat bawah sadar Anda, Anda menginstal sebuah program yang mana Anda tidak ingin menjadi kaya karena Anda takut terlihat seperti tetangga kaya Anda. Citra mental inilah yang kemudian akan menciptakan citra diri Anda di masa depan. Dan coba tebak, itulah memang yang kemudian terjadi pada Anda di masa depan! Ingatlah bahwa Tuhan selalu memberikan jawaban “Keinginanmu adalah perintah-Ku”.

Hambatan mental juga berfungsi dan bertindak sebagai Mekanisme Servo” dalam hidup Anda. Mekanisme servo berarti beberapa kejadian kebetulan atau peristiwa yang selalu datang secara otomatis dan berulang kali kedalam kehidupan Anda, apakah itu baik atau buruk.

Misalnya, Anda memiliki mekanisme servo positif dalam mendapatkan tempat parkir di mal, Anda selalu mendapatkan tempat parkir strategis yang bagus di dekat pintu masuk mal, dan entah bagaimana, mekanisme servo positif ini akan selalu berfungsi setiap kali Anda memasuki mal dan seperti layaknya sebuah keajaiban, Anda selalu mendapatkan tempat parkir yang sempurna. Itu adalah contoh mekanisme servo positif. Ada yang merasa punya mekanisme seperti ini?

Satu lagi adalah mekanisme servo negatif. Seperti ini contohnya. Anda memiliki mekanisme servo negatif di tingkat bawah sadar Anda bahwa Anda selalu berpikir bahwa berapa pun jumlah uang yang Anda dapatkan, Anda akan selalu berakhir kehilangan uang tersebut. Pernahkah Anda memiliki mekanisme servo semacam itu? Anda mendapatkan uang dalam jumlah cukup besar, akan tetapi uang tersebut akan selalu menemukan cara nya sendiri untuk keluar dari saku atau rekening bank Anda! Ketika Anda mendapatkan penghasilan yang tinggi, tiba-tiba saja semua situasi dan kondisi memaksa Anda untuk melepaskan serta mengeluarkan semua uang yang Anda hasilkan. Mobil Anda tiba-tiba rusak dan Anda harus membayar perbaikan dalam jumlah yang lumayan besar. Rumah Anda tiba-tiba bocor dan Anda harus memanggil tukang bangunan dan mengeluarkan uang untuk memperbaiki. Dan beragam hal-hal lain yang tiba-tiba saja terjadi dan menghampiri kehidupan Anda. Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda hasilkan, Anda akan selalu berakhir bangkrut! Itu adalah contoh mekanisme servo negatif. Contoh lain dari mekanisme servo negatif terkait dengan kegiatan Anda dalam melakukan olahraga. Anda selalu menemukan alasan atau kejadian yang mencoba untuk menghalangi kapan pun Anda ingin pergi berolahraga. Entah mungkin keadaan Anda tidak mendukung Anda ketika Anda memutuskan untuk pergi keluar dan melakukan olahraga, apakah itu hujan, atau apakah Anda merasa tidak enak badan, atau berbagai macam alasan lainnya yang memblokir keadaan dan mencoba menghalangi keinginan Anda dalam melakukan olahraga. Ada banyak mekanisme servo lainnya yang perlu Anda identifikasi dalam hidup Anda.

Oleh karena itu untuk membantu mempermudah Anda mencapai tujuan hidup dan desain kehidupan Anda, Anda harus dapat mengetahui apa yang menjadi penghambat mental Anda atau mekanisme servo negatif Anda dan mencoba mendefinisikan kembali dan melakukan evaluasi. Ada banyak cara dan pelatihan yang dapat Anda ikuti untuk menemukan hambatan mental Anda atau mekanisme servo negatif dan untuk memprogram perangkat lunak baru, pola pikir yang lebih positif sehingga Anda dapat lebih mudah mencapai desain atau rancangan kehidupan yang Anda inginkan di masa depan.

Kenalilah berbagai jenis hambatan mental dan mekanisme servo negatif yang dapat mencegah Anda menjadi lebih sukses. Hambatan mental dan mekanisme servo negatif sama layaknya seperti virus komputer yang menggerogoti memori atau pola pikir di otak kita. Seiring waktu, jika virus tersebut tidak dihapus melalui program anti-virus, maka otak Anda akan menjadi lambat dan menyebabkannya menjadi Hang” dan akhirnya rusak! Anda tidak ingin kan virus semacam itu tetap berada terus di dalam benak pikiran bawah sadar Anda?

Lepaskan semua hambatan mental dan mekanisme servo negatif Anda dan fokus pada apa yang Anda inginkan dalam meraih desain hidup Anda. Beranilah untuk bertanya tentang sesuatu yang lebih besar dari yang pernah Anda bayangkan sebelumnya. Jangan membatasi diri Anda. Bersihkan pikiran Anda dari semua kepercayaan negatif yang bertentangan dengan desain hidup Anda. Bertindaklah seolah-olah Anda sudah menerima semua desain hidup Anda. Libatkanlah semua emosi Anda, emosi yang kuat ketika Anda bertindak seolah-olah Anda sudah menerima desain hidup Anda. Anda harus dapat merasakan, menyentuh, mencium dan melibatkan kelima panca indra Anda saat Anda melakukan tindakan semacam ini. Ini juga merupakan salah satu mekanisme “Meretas Tuhan” selain mengucapkan rasa syukur dan terima kasih di depan sebagaimana yang telah dijelaskan dalam metode sebelumnya


Decoding # 2: Rangkullah Kegagalan Anda dan Cintai Apa yang Anda Lakukan – Cinta dan Kehilangan

Ketika pertama kali saya melihat video Steve, saya benar-benar kagum dan terinspirasi, kata-kata yang disampaikan oleh Steve terbang di sekitar kepala saya, hal itu sangat menginspirasi saya dan membawa saya menyelam jauh ke dalam pikiran Steve dan mencoba untuk lebih memahami apa rahasia yang tersembunyi, pesan tersembunyi di salah satu pidato terhebat yang pernah saya dengarkan ini. Dalam pelajaran nomor 2 ini, Steve menceritakan kisah tentang bagaimana dia beruntung dan bersyukur bahwa dia menemukan apa yang dia sukai untuk dilakukan ketika dia masih muda, tepatnya pada usia 20 tahun. Dalam waktu 10 tahun, Apple meroket menjadi perusahaan senilai $ 2 miliar dengan lebih dari 4.000 karyawan. Tetapi kemudian, hal-hal mulai kacau, keputusan Steve untuk mempekerjakan CEO profesional untuk bekerja dengannya telah menciptakan tragedi yang fatal. Steve keluar dari Apple. Perusahaan tempat dia tumbuh dan berkembang dari nol. Itu adalah kegagalan yang dikenal oleh publik secara luas. Steve harus keluar dari perusahaan yang dia bangun dari NOL. Dia diusir oleh orang-orang yang dia pekerjakan dan berpikir akan menumbuhkan perusahaannya. Itu adalah sebuah kegagalan yang sangat tragis. Tidak semua orang bisa mengatasi kegagalan semacam ini. Tetapi alih-alih bersedih, Steve melanjutkan hidupnya dengan menciptakan NeXT dan Pixar, perusahaan yang sangat sukses, Apple memutuskan untuk membelinya dan itu adalah momen ‘kembali’ bagi Steve ke Apple.

Pesan tersembunyi dari bagian ini adalah bahwa Anda perlu merangkul kegagalan Anda. Anda perlu menemukan dan terus melakukan apa yang Anda sukai. Itu disebut gairah, kesabaran, kegigihan dan kinerja. Kunci 4P untuk sukses. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan passion? Saya membaca buku karya Rene Suhardono dan menurutnya, passion bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan atau kerjakan dengan sangat baik, akan tetapi passion adalah apa yang Anda nikmati dan Anda suka ketika Anda melakukannya. Jadi belum tentu bidang yang kita kuasai adalah passion kita, passion sejati kita adalah dalam segala hal yang sangat kita sukai dan cintai ketika kita melakukannya.

Passion akan datang ketika kita mengambil tindakan besar untuk mempercepat proses manifestasi. Tanpa passion, proses melakukan tindakan akan terasa hambar. Beberapa orang bertanya kepada saya, yang mana yang harus saya cari terlebih dahulu? Tujuan saya? Ataukah passion saya? Bagi saya jelas, tujuan akan selalu menjadi hal pertama yang dicari dalam hidup kita. Bagaimanapun, tidak akan pernah mudah untuk bisa menemukan jawaban atas kedua pertanyaan ini.

Maya Angelou pernah berkata bahwa setiap pencapaian besar membutuhkan waktu. Hal ini benar adanya. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memiliki semacam tingkat kesabaran ketika mencoba untuk mencapai desain hidup Anda. Butuh kesabaran. Sangat sabar. Butuh kesabaran bertahun-tahun, atau bahkan satu dekade pekerjaan yang melelahkan sebelum Anda mulai menuai hasil besar dari semua waktu dan kerja keras yang Anda lakukan, dan itu bisa membuat Anda frustasi sekali. Kesabaran berarti siap menghadapi kesulitan dan dalam banyak kasus mengalami penderitaan luar biasa untuk mencapai tujuan dan rancangan kehidupan yang diinginkan. Kegigihan berarti tidak menyerah, tetap berada dalam ‘pertempuran‘ dan ‘bertarung‘ sampai akhir untuk apa yang Anda inginkan.

Kesabaran bukanlah sesuatu yang kita miliki, melainkan adalah sesuatu yang secara sadar kita lakukan. Kesabaran seperti disiplin lain yang diperoleh dengan cara susah payah: Semakin kita mempraktikkannya, semakin kita menjadi sabar. Sepuluh langkah dalam sepuluh hari lebih baik dari 1.000 langkah dalam satu hari tanpa tindak lanjut selama sebulan.

Namun, kebanyakan orang tidak memiliki sifat-sifat ini. Mereka ingin sukses dalam mencapai desain kehidupan mereka, tetapi mereka menginginkannya dengan cara yang mudah, secara instant, mereka tidak siap untuk mengorbankan banyak hal dari diri mereka sendiri, baik itu waktu atau usaha atau apa pun yang diperlukan. Secara alami, mereka menyerah dengan cepat dan menerima ‘kekalahan‘ dalam hidup mereka.   Bersabar adalah menerima bahwa hal-hal besar memang membutuhkan waktu lama untuk dibangun. Dan keragu-raguan Anda sedang melihat kedalam lubang kesabaran Anda, tentang apa yang harus Anda lakukan untuk sampai ke tempat yang Anda inginkan dan berhenti mati di jalur yang sedang Anda bangun. Kesabaran adalah tentang menerima bahwa menciptakan karya terbaik Anda akan memakan waktu, dan Anda harus bisa hidup dengan kenyataan itu, tidak mengeluh tentang itu dan meratapi situasi nya, tetapi Anda hanya menundukkan kepala, dan tetap melakukan pekerjaan yang dibutuhkan terlepas dari hasil yang diberikan kepada Anda.   Jika Anda ingin mengubah hidup Anda dan menjadikannya lebih baik dari hari kemarin, cobalah belajar untuk bersabar. Cobalah untuk memahami bahwa setiap pencapaian besar membutuhkan waktu. Ini adalah salah satu kunci Anda dalam mencapai desain hidup yang Anda inginkan.

Apa itu persistensi alias kegigihan? Kegigihan memungkinkan Anda untuk terus mengambil tindakan bahkan ketika Anda tidak merasa termotivasi untuk melakukannya, dan karenanya Anda terus membuahkan hasil. Tidak ada di dunia ini yang dapat menggantikan kegigihan. Kegigihan dan keteguhan hati adalah kunci. Jika kita menggabungkan ambisi dengan kegigihan, maka ambisi itu sendiri adalah jalan menuju desain hidup Anda. Kegigihan adalah kendaraan yang akan membawa Anda menuju desain hidup Anda.

Ambisi tidak berarti apa-apa jika Anda tidak mau konsisten dengan tindakan Anda dan gigih dalam beroperasi di tingkat tinggi. Rata-rata orang berhenti setelah mereka tidak segera diberi imbalan atas upaya jangka pendek mereka. Orang yang sukses mengabaikan kepuasan instan dan memahami bahwa kesuksesan adalah upaya jangka panjang. Anda harus membangun usaha Anda dari waktu ke waktu sampai mereka bersatu untuk mencapai rancangan kehidupan yang Anda inginkan. Inilah sebabnya mengapa ada begitu sedikit orang sukses dan begitu banyak orang biasa-biasa saja yang hanya dapat memimpikan kesuksesan. Orang-orang sukses melakukan tindakan strategis dan bertahan untuk terus melakukannya, sementara orang biasa-biasa saja tidak memiliki stamina dan kegigihan untuk melakukan semuanya.

Tidak masalah berapa kali Anda ditolak. Jika Anda mencoba untuk mendapatkan kualifikasi atau lulus ujian, jangan berhenti hanya karena Anda gagal, coba lagi, dan lagi, dan lagi! Jika Anda mencoba untuk mendapatkan pekerjaan, jangan berhenti karena Anda mendapatkan penolakan. Jika Anda mencoba untuk membangun karir Anda, jangan berhenti karena beberapa pria di tempat kerja berteriak kepada Anda!

Jika Anda mencoba membangun bisnis atau usaha, jangan berhenti hanya karena iklim bisnis buruk di komunitas Anda. Atau karena seseorang mengecewakan Anda. Atau, karena pemerintah Anda tidak melakukan sesuatu untuk Anda.

Mungkin Anda akan kehilangan pekerjaan, dan Anda telah mencari, dan mencari dan mencari. Jangan menyerah! Anda bahkan mungkin bangkrut pada saat Anda memulai usaha Anda… Sama seperti Steve. Mulai lagi. Jangan berhenti! Itulah yang kita sebut dengan persistensi. Kegigihan.

Kinerja adalah penyelesaian tugas dengan aplikasi pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan. Seseorang yang memiliki kinerja yang baik adalah orang yang selalu berorientasi pada hasil. Kita membutuhkan kinerja untuk memastikan bahwa kita dapat mempercepat proses manifestasi dan pencapaian dalam hidup kita. Perancang kehidupan yang sukses seringkali fokus ke satu hal yaitu fokus pada kinerja Anda.

Ketika tiba waktunya untuk membahas pencapaian Anda dalam penilaian diri Anda ketika merancang kehidupan Anda, memiliki data aktual yang bisa menunjukkan apa yang telah Anda lakukan sepanjang tahun sangatlah bermanfaat. Lacak kinerja Anda dengan cara melacak prestasi atau pencapaian desain kehidupan Anda.

Saya berikan Anda sebuah contoh. Jika desain hidup Anda adalah untuk menciptakan 10.000 lapangan kerja, bagaimana Anda mengukur kinerja Anda? Pertama-tama tentunya adalah dengan mengumpulkan semua data terkait dengan desain Anda. Berapa banyak yang sudah Anda hasilkan sejauh ini. Kapan tanggal yang Anda harapkan untuk mencapai tujuan itu? Apa strategi nya untuk mengisi celah? Terkadang kinerja akan bertentangan dengan prinsip kita sebelumnya, yaitu melepaskan semua pikiran dan doa Anda dan membiarkan Tuhan melakukan tugas-Nya.

Evaluasi kinerja sebetulnya hanya membantu semua orang agar tahu di mana posisi mereka berada saat ini dan bagaimana kinerjanya terhadap tujuan desain hidup yang telah Anda buat sendiri. Terkadang penting juga untuk memeriksa seberapa jauh Anda telah berhasil mencapai desain kehidupan yang telah Anda buat.

Tidak seorang pun ingin menjadi orang yang tidak berkinerja baik. Tidak seorang pun ingin menjadi orang rata-rata betul? Dan saya tahu, sebagian besar kita semua mencoba untuk naik ke puncak kehidupan sesuai dengan rancangan kehidupan yang Anda inginkan. Jadi mengapa kita tidak semua saat ini tidak berada di sana? Apa yang menghentikan kita dari menjadi peraih rancangan kehidupan kita?

Jika Anda ingin menjadi juara dalam hidup, Anda harus didorong oleh kinerja. Anda memiliki keinginan dan tekad membara untuk sukses sehingga Anda akan mendorong diri Anda sendiri seperti yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Terlepas dari semua upaya terbaik Anda, akan ada saat-saat ketika apa pun yang Anda lakukan, Anda gagal. Jadi amatlah penting bagi kita untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara didorong oleh kinerja untuk sukses dan melihat sejauh mana hasilnya.


Decoding # 3: Mulailah dengan Akhir dari Tujuan Hidup Anda – Kematian

Ini adalah pesan tersembunyi paling penting di antara yang lainnya. Rahasia sukses Steve. Semuanya dimulai dengan akhir dari tujuan hidup Anda. Kematian Anda. Pemakaman Anda. Steve selalu melakukan ini selama 33 tahun terakhir, dia akan melihat ke cermin setiap pagi dan bertanya pada dirinya sendiri: “Jika hari ini adalah hari terakhir dalam hidupku, apakah aku ingin melakukan apa yang akan kulakukan hari ini?” Jika jawabannya adalah “Tidak” selama beberapa hari berturut-turut, dia tahu dia perlu mengubah sesuatu.

Steve selalu mengingat kematiannya. Kita menyadari bahwa kita semua akan mati suatu hari nanti, betul kan? Itu adalah suatu kebenaran yang absolut. Anda tidak dapat menyangkalnya. Kita semua akan mati suatu hari nanti!

adi itu sebenarnya adalah tujuan Anda dalam hidup. Yang saya maksud bukan tentang kematiannya. Akan tetapi bisakah Anda membayangkan pemakaman Anda sendiri? Anda harus mencoba membayangkan pemakaman macam apa yang akan diadakan untuk pemakaman Anda sendiri. Misalnya, di mana Anda ingin lokasinya berada? Apakah itu di area pemakaman elit? Atau hanya di area pemakaman umum biasa? Siapa yang akan menghadiri pemakaman Anda? Apa jenis pidato yang akan disampaikan oleh orang-orang yang Anda cintai, keluarga, teman, mitra, dll?

Bayangkan skenario di bawah ini dalam pikiran Anda. Bayangkan suatu hari di rumah Anda yang indah, di usia …. (sebutkan jumlah usia yang Anda harapkan), Anda masih sehat, Anda berbaring di tempat tidur, tetapi tiba-tiba Anda mendapat serangan jantung mendadak. Pasangan Anda menelepon 911 dan Ambulans bergegas membawa Anda ke rumah sakit terdekat. Mereka membawa Anda ke Unit Perawatan Intensif Darurat (ICU) untuk bantuan medis langsung. Tim medis berusaha keras untuk membantu Anda kembali hidup, akan tetapi tiba-tiba Anda mendengar bunyi bip panjang dari mesin penganalisa detak jantung Anda…

….beeeeeeeeeeeepppppppppppppppppppp….

… tak berapa lama berselang, petugas paramedis keluar dari ruang ICU dan berkata maaf, mereka telah mencoba yang terbaik dan melakukan semua hal yang bisa mereka lakukan, akan tetapi semua usaha mereka sia-sia, mereka tidak bisa menyelamatkan hidup Anda. Semua orang menangis histeris. Pasangan Anda. Anak-anak Anda. Cucu-cucu Anda. Keluarga dan teman dekat Anda. Anda dapat melihat mereka menangis. Anda mencoba berbicara dengan mereka. Tapi mereka tidak bisa mendengar Anda. Anda dapat melihat tubuh Anda menjadi dingin dan berubah menjadi biru. Tidak ada aura kehidupan. Mati.

Lalu tiba-tiba Anda sudah dimasukkan ke dalam peti mati. Semua anggota keluarga Anda sudah berkumpul di depan peti mati Anda. Pidato macam apa yang Anda inginkan agar disampaikan oleh orang-orang terdekat pada saat pemakaman Anda dilangsungkan? Siapa saja yang menghadiri dan memberikan pidato selama pemakaman Anda? Apakah Presiden Negara Anda dijadwalkan untuk memberikan pidato di pemakaman Anda? Apakah Perdana Menteri dari Negara tetangga Anda ada yang hadir untuk menghormati pemakaman Anda? Dapatkah Anda membayangkan pidato seperti apa yang akan disampaikan oleh mereka semua di pemakaman Anda? Bisakah Anda bayangkan apa yang akan mereka ingat tentang Anda dan dampak positif yang telah Anda perbuat terhadap Dunia selama ini? Apa saja yang telah Anda capai dan ciptakan sepanjang hidup Anda? Bagaimana Anda membantu membuat atau menciptakan kehidupan yang lebih baik di muka Bumi? Atau apakah Anda hanya ingin pemakaman sederhana yang hanya dihadiri keluarga dan teman-teman dekat Anda? Semuanya terserah Anda.

Anda yang memutuskan akhir hidup Anda. Kematian Anda. Mulailah dari situ. Anda akan menemukan tujuan hidup Anda dengan membayangkan seperti apa akhir hidup Anda. Hubungkanlah titik-titik hidup Anda ke belakang. Sebelum Anda mengalami pemakaman Anda. Hubungkan ujung tujuan hidup Anda, kematian Anda dengan kehidupan yang ingin Anda rancang.


Jadi itulah pesan rahasia dari pidato Steve Jobs alias decoding versi saya. Saya harap hasil decoding pidato ini akan membantu Anda juga untuk memahami apa kisah dan pesan yang benar-benar tersembunyi di balik pidato Steve Jobs tersebut diatas.

Tetaplah Lapar. Tetaplah Merasa Bodoh.

Stay hungry. Stay foolish.

Terima kasih.

Hormat kami,

Dimas ‘dee’ Lesmana

www.deelesmana.com

www.hackingofgod.com/id


Share This:

Leave a comment

Leave a Comment