Kisah Elon yang luar biasa dalam menyelamatkan Tesla dan mengubahnya menjadi perusahaan mobil paling berharga di Amerika.

Tesla berhasil menyalip General Motors menjadi perusahaan mobil paling berharga di Amerika – bernilai lebih dari $ 51 miliar – Hanya satu minggu setelah menyalip Ford.

 

Hal ini terjadi hanya 10 tahun setelah Elon Musk menyelamatkan Tesla dari “Situasi keuangan yang hampir fatal” …

 

Pada akhir 2007, Elon (sebelum dia menjalankan perusahaan) telah tenggelam dalam investasi senilai lebih dari $ 100 juta di Tesla sebagai investor. Saat itulah dia menyadari roadster Tesla masih jauh dari selesai, dan perusahaan akan kehabisan uang jauh sebelum itu.

 

Apa yang dia lakukan? Pada bulan September 2007 ia terbang ke Stuttgart, Jerman untuk bertemu dengan para eksekutif Daimler, berpikir jika ia bisa menemukan kontrak besar, ia bisa mendapatkan dana tambahan dan menarik Tesla.

 

Sebagai hasil dari kunjungan itu, pada bulan November (sebulan sebelum uang Tesla habis) Herbert Kohler, kepala teknik canggih Daimler, mengatakan ia akan datang dan mengunjungi pabrik Tesla di California.

 

Elon memanggil JB Staubel, CTO Tesla dan berkata, “Kita perlu membuat mobil pintar listrik dalam enam minggu. Bisakah kamu melakukannya? ”(Smart dibuat oleh Daimler).

 

Masalahnya adalah, tidak ada mobil Smart Daimler di AS. JB menemukan yang terdekat untuk dijual – di Tijuana, Meksiko. Jadi dia berjalan ke departemen keuangan Tesla dan berkata, “Saya butuh $ 20.000 tunai dalam tas sekarang. Kami mengirim seseorang ke Tijuana untuk membeli mobil pintar. ”

 

Seorang anggota staf berbahasa Spanyol melakukan perjalanan, dan tim Tesla kemudian bekerja selama lima setengah minggu untuk mengganti mesin gas dengan baterai dan motor.

 

Ketika tim Daimler tiba, mereka bertanya berapa lama Tesla untuk menghasilkan baterai yang dapat bekerja dengan Mobil Pintar mereka. Elon berkata, “Kami benar-benar memiliki sesuatu untuk ditunjukkan kepada Anda”, membawa mereka ke garasi tempat mobil Smart sedang menunggu. “Ini listrik”, katanya.

 

Herbert Kohler berkata, “Apa maksudmu?”

 

“Kami memasukkan ke dalamnya baterai dan motor Tesla.”

Keduanya mengambil mobil Smart untuk berputar. Elon ingat “sangat cepat kamu bisa melakukan wheelies di tempat parkir”. JB menyebutnya “Mobil pintar tercepat yang pernah dibuat.”

 

Ketika mereka kembali dari test drive, Herbert berkata “Ayo jelajahi kemitraan” – dan itu mengarah pada kontrak pengembangan pertama Tesla.

 

Elon mengatakan tentang kemitraan “Kemitraan Daimler memberi kita kredibilitas. Jika kita tidak melakukan itu, Tesla akan mati.”

 

Elon mengambil alih sebagai CEO, dan melepaskan 25% dari staf untuk membuat perusahaan tetap berjalan. Pada 2009, di tengah krisis ekonomi global, baik Tesla – dan Elon – hampir menuju ke dolar terakhir mereka dan dia berkata, “Saya harus meminjam uang untuk melanjutkan hidup.”

 

Dia berhasil mengejar Daimler untuk membeli sekitar 10% dari perusahaan dengan imbalan $ 50 juta. (Nilai Tesla seharga $ 500 juta – Hanya 1% dari nilainya hari ini). Elon mengatakan, “Kami diselamatkan oleh Daimler. Tanpa investasi itu, Tesla akan berakhir.”

 

Jika Elon tidak terbang ke Jerman untuk membuat kemitraan itu, Tesla tidak akan ada hari ini.

 

Apakah Anda lebih fokus pada produk Anda, atau kemitraan Anda?

 

Mitra apa yang bisa membuat perbedaan terbesar untuk kesuksesan Anda?

 

“Jika kamu cukup membantu orang mendapatkan apa yang mereka inginkan, kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan.” ~ Zig Ziglar

 

Tesla terdaftar di Nasdaq pada 2010 dan Daimler melanjutkan untuk menjual saham mereka empat tahun kemudian dengan laba $ 780 juta (jika mereka menyimpan saham, sekarang mereka akan bernilai miliaran).

 

Minggu ini Tesla telah menjadi perusahaan mobil paling berharga di AS, dan berada di jalur untuk menjadi lebih berharga daripada Honda dalam waktu dekat, dan kemudian Daimler, perusahaan yang menyelamatkan Tesla dari kebangkrutan.

 

Share This:

Leave a comment

Author

dimas.s.lesmana@gmail.com

Leave a Reply

Please wait...

Subscribe to dee lesmana newsletter

Want to be notified when our article is published? Enter your email address and name below to be the first to know.